Kamis, 03 Mei 2018

Pemantulan pada cahaya


Pemantulan pada cahaya

Pemantulan cahaya merupakan perubahan arah rambat cahaya ke arah sisi “medium” asalnya, setelah menumbuk antar muka dua medium.

Macam-Macam Pemantulan Cahaya

Pemantulan cahaya dibedakan menjadi dua macam yaitu:

Pemantulan Teratur

Apabila benda-benda seperti cermin datar, perak datar, air yang tenang disinari dengan sinar matahari, maka sinar-sinar dipantulkan dalam arah yang sama sehingga tampak berkilauan, pemantulan demikian dinamakan dengan pemantulan teratur.
Pemantulan teratur merupakan pemantulan terjadi pada permukaan pantul yang mendatar atau rata. Ketika seberkas cahaya mengenai permukaan pantul yang rata, seluruh cahaya yang datang akan dipantulkan dengan arah yang teratur.
"Pemantulan Cahaya" Pengertian & ( Macam - Contoh )

Pemantulan Baur

Kemudian caba sibarilah kertas putih, apakah kertas tampak berkilauan..?? ternyata tidak, berarti tidak semua sinar pantul sama arahnya. Pemantulan demikian disebut pemantulan baur atau difus “tidak teratur”.
Pemantulan baur/difus ialah pemantulan yang menghasilkan berkas-berkas cahaya pantul yang arahnya tidak teratur dan menuju ke segala arah.
"Pemantulan Cahaya" Pengertian & ( Macam - Contoh )
Kesimpulan:
Pemantulan teratur umumnya terjadi pada permukaan yang rata seperti pada cermin yang bersih. Sedangkan pemantulan baur umumnya terjadi pada permukaan yang tidak rata seperti pada cermin yang kotor.

sumber : http://www.dosenpendidikan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemantulan pada cahaya

Pemantulan pada cahaya Pemantulan cahaya merupakan perubahan arah rambat cahaya ke arah sisi “medium” asalnya, setelah menumbuk antar ...