Minggu, 11 Februari 2018

KANKER PARU-PARU


GANGGUAN PADA SISTEM PERNAPASAN 
MANUSIA DAN UPAYA UNTUK MENCEGAH ATAU MENANGGULANGINNYA

KANKER PARU-PARU

Kanker paru – paru merupakan salah satu kanker yang paling bisa dicegah diantara kanker – kanker yang lainnya. Mengingat penyebab utama kasus kanker paru – paru 80% hingga 90% kasus kanker paru – paru berhubungan dengan kebiasaan buruk merokok.
gejala dan obat kanker paru
Serupa dengan kanker yang lain kanker paru – paru pun tidak memiliki ciri atau gejala khusus yang spesifik pada gejala awal kanker paru – paru. Namun pada umumnya ditandai dengan batuk berkelanjutan hingga mengalami batuk darah, kelelahan tanpa alasan, penurunan berat badan dan sering kehabisan napas. 
Gejala Kanker Paru – Paru
Selain gejala kanker paru – paru yang disebutkan diatas, pada umumnya seseorang yang mengidap penyakit kanker paru – paru mengalami gejala awal dan gejala lanjutan seperti berikut :
  • Batuk terus menerus dan bertambah parah, hingga mengalami batuk darah
  • Nyeri di dada dan sesak napas
  • Mengalami kelelahan tanpa alasan
  • Sakit Kepala
  • Pembengkakan pada leher dan wajah
  • Sakit pada tulang, bisa terasa pada lengan atau tangan, bahu
  • Kehilangan selera makan
  • Suara menjadi serak
  • Sakit dan merasa sulit ketika menelan sesuatu
  • Ujung jadi berubah menjadi cembung.
Apabila Anda merasa beberapa gejala kanker paru – paru diatas terjadi pada tubuh Anda, segerakan periksa ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan memastikan apa yang terjadi pada tubuh Anda. 

mari lihat video dibawah ini :

Penyebab Kanker Paru – Paru
Penyebab kanker paru – paru yang paling banyak ditemukan pada kasus kanker paru – paru sebagian besar merupakan perokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif. Keduanya memiliki resiko yang sama besarnya. Berikut beberapa penyebab kanker paru – paru lainnya .
  • Polusi Udara
Asia tenggara memiliki posisi kedua sebagai wilayah yang menyumbangkan buruknya polusi udara di dunia berdasarkan data dari WHO. Polusi udara seperti asap kendaraan, atau asap pabrik menjadi polusi udara yang menyebabkan resiko terjangkit penyakit kanker paru – paru meningkat. Perbandingannya sekitar 1 dari 100 kematian disebabkan oleh kanker paru – paru yang disebabkan oleh polusi udara yang tinggi.
  • Pajanan Di Tempat Kerja
Beberapa profesi atau pekerjaan memiliki resiko terjangkit kanker paru – paru seperti pekerjaan yang mengharuskan berhadapan dengan senyawa kimia. Pegawai yang terkena pajanan beberapa senyawa kimi seperti abses, nikel, silica, batu bara, arsenic yang memiliki sifat karsinogenik memiliki resiko lebih tinggi untuk terserang kanker paru – paru.
Cara Mencegah Kanker Paru – Paru
Kanker paru paru merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kanker yang dapat dicegah. Berikut beberapa cara mencegah kanker paru – paru yang dapat dilakukan :
  • Stop Merokok Dan Hindari Perokok Pasif
Mengingat rokok merupakan penyebab utama seseorang terjangkit kanker paru – paru. Cara mencegah kanker paru – paru yang pertama Anda diharuskan menghindari rokok atau para perokok aktif, meskipun Anda tidak meroko, tapi hanya dengan menghisap asap rokoknya saja Anda sudah memiliki resiko mengidap kanker paru – paru. Jadi segeralah berhenti merokok dan menghindari para perokok paktif.
  • Konsumsi Menu Makanan Sehat
Biasakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh guna mencegah berbagai macam penyakit termasuk mencegah kanker paru – paru. Sayur dan buah – buahan sebaiknya dijadikan sebagai menu utama harian Anda. Hindari untuk mengkonsumsi pil atau vitamin atau obat – obatan suplemen tubuh. Alangkah baiknya gunakan bahan – bahan alami saja, hindari penggunaan bahan- bahan kimia yang cenderung memiliki efek samping.
sumber : https://akreditasipuskesmas.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemantulan pada cahaya

Pemantulan pada cahaya Pemantulan cahaya merupakan perubahan arah rambat cahaya ke arah sisi “medium” asalnya, setelah menumbuk antar ...