Rabu, 06 September 2017

FUNGSI RANGKA


FUNGSI RANGKA

Rangka tubuh manusia merupakan kerangka internal yang berfungsi sebagai kerangka kerja bagi tubuh. Kerangka kerja ini terdiri dari banyak tulang dan tulang rawan individual. Ada juga yang berbetuk seperti pita dari serat jaringan ikat-ligamen dan tendon-yang menghubungkan bagian-bagian dalam dari kerangka. Artikel ini terutama berkaitan dengan fungsi kerangka manusia dewasa normal.

Kerangka manusia, seperti vertebrata lainnya, terdiri dari dua subdivisi utama, masing-masing dengan asal-usul yang berbeda dari yang lain dan masing-masing memberikan fitur individu tertentu. Ini adalah (1) aksial, terdiri dari tulang belakang kolom-tulang belakang-dan banyak tengkorak, dan (2) apendikularis, pada pelvis (pinggul) dan dada (bahu) girdle dan tulang-tulang dan tulang rawan dari anggota badan.
Rangka memiliki fungsi sebagai berikut:
1. Memberi bentuk dan postur tubuh. Seseorang akan terlihat tinggi atau pendek karena susunan rangka nya.
2. Melindungi organ-organ yang lunak, misalnya otak, sumsum tulang belakang, paru-paru, jantung dan lain-lain.
3. Penyangga berat badan, misalnya tulang leher, tulang belakang, dan tulang pelvis.
4. Tempat melekatnya otot-otot rangka (otot lurik)
5. Mendukung terjadinya gerakan. Dengan adanya persendian, kerjasama otot dan sistem saraf, memungkinkan tulang dapat digerakan.
6. Hematopoiesis, yaitu pembentukan sel-sel darah putih (leukosit), sel darah merah (eritrosit), dan keping-keping darah (trombosit) di sumsum merah. Sumsum merah terdapat di dalam tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang belikat, tulang pipih, dan ujung tulang panjang.
7. Tempat penyimpanan mineral. Sekitar 62% matriks tulang tersusun dari garam anorganik, terutama kalsium fospat dan kalsium karbonat. Sekitar 99% kalsium tubuh terdapat pada rangka. Kalsium dan fosfor di simpan dalam tulang, kemudian dapat di ambil dan dipakai kembali untuk memenuhi kebutuhan fisiologis tubuh. Kalsium diperlukan untuk kontraksi otot dan pembekuan darah, sedangkan fosfor diperlukan untuk pembentukan ATP.
8. Tempat penyimpanan energi, yaitu simpanan lemak di sumsum kuning
9. Fungsi imunologis, yaitu menghasilkan sel-sel imunitas di dalam sumsum, misalnya limfosit B yang menghasilkan antibodi dan imfosit T yang membantu pertahanan terhadap infeksi.
sumber: http://usaha321.net/9-fungsi-rangka-tubuh-manusia.html
Hasil gambar untuk fungsi rangka

fungsi rangka dalam versi yang lain :

1. Rangka dapat menguatkan dan menegakkan tubuh

Bayangkan jika tubuh manusia tidak dilengkapi oleh rangka, mungkin tubuh tidak akan kokoh dan kuat dalam menopang tubuh, berdiri, berlari ataupun berjalan. Dengan bentuk telapak kaki yang panjang dan kuat serta cukup panjang, kita bisa berdiri dengan tegak.

2. Rangka menentukan bentuk tubuh

Dengan adanya rangka, tubuh kita jadi memiliki bentuk yang sempurna dan indah. Bahkan dengan adanya rangka, setiap bentuk tubuh manusia dapat dibedakan. Seperti : ada orang yang tinggi badannya, ada juga yang pendek, ada yang memiliki jari-jari panjang, ada juga yang pendek, dan lain sebagainya.

3. Rangka merupakan tempat melekatnya otot

Tanpa rangka, otot-otot tidak memiliki tempat untuk melekat. Jika otot tidak memiliki tempat untuk melekat, maka anggota badan akan kaku dan tidak bisa digerakkan. Otot bekerja dengan cara relaksasi dan kontraksi. Disitulah rangka bekerjasama dengan otot untuk melakukan suatu gerakan. Misalnya, dalam menggerakkan lengan itu dipengaruhi dengan otot yang ada di tulang lengan bagian atas yakni otot bisep & trisep.

4. Rangka dapat melindungi tubuh yang penting

Kita ketahui bahwa tulang merupakan bagian tubuh yang paling keras. Dengan bentuknya yang keras, maka tulang berfungsi dalam melindungi bagian dalam tubuh yang cukup rapuh atau mudah terluka dan rusak jika terkena benda keras. Beberapa fungsi itu antara lain:
  • Tengkorak (rangka kepala) dapat melindungi otak, mata, telinga, hidung dan saluran pernafasan bagian atas.
  • Ruas tulang leher yang melindungi tenggorokan dan kerongkongan.
  • Tulang pinggul dapat melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi bagian dalam.
  • Rangka rongga dada dapat melindungi alat pernapasan yakni paru-paru, jantung, dan sebagian alat pencernaan makanan.
  • Tulang belakang dapat menegakkan badan juga melindungi sumsum tulang belakang. Saraf-saraf pada sumsum tulang belakang  dapat menghubungkan semua bagian tubuh dengan otak. Jika sumsum tulang belakang rusak, maka akan terjadi kelumpuhan.
Nah itulah pembahasan singkat mengenai 4 Fungsi Rangka Tubuh Manusia Dan Penjelasannya, semoga bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂
sumber : http://www.spengetahuan.com/2015/08/4-fungsi-rangka-tubuh-manusia-dan-penjelasannya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemantulan pada cahaya

Pemantulan pada cahaya Pemantulan cahaya merupakan perubahan arah rambat cahaya ke arah sisi “medium” asalnya, setelah menumbuk antar ...